Karawang Gudang Atlet Dayung Berprestasi: Lahirkan Atlet Olimpiade, Konsisten Sumbang Emas Terbanyak PON

Karawang Gudang Atlet Dayung Berprestasi: Lahirkan Atlet Olimpiade, Konsisten Sumbang Emas Terbanyak PON

Pengurus dan atlet PODSI Karawang saat foto bersama dengan Bupati Karawang usai menerima apresiasi atas prestasi yang diraih di PON 2024.-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANG - Kabupaten Karawang menjadi gudang lahirnya atlet-atlet dayung berprestasi. Lewat pembinaan yang dilakukan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Karawang, muncul atlet-atlet yang tak hanya menjadi andalan Karawang di tingkat provinsi, tapi mampu mengharumkan Jawa Barat di ajang nasional dan Indonesia di level internasional.

Dalam event bergengsi di tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), atlet dayung selalu aktif menyumbangkan medali emas bagi kontingen Karawang. Dua edisi Porprov terkahir menjadi buktinya, atlet dayung sukses menorehkan sembilan medali (3 emas, 3 perak dan 3 perunggu) di Porprov Jabar 2018, dan 12 medali (2 emas, 1 perak dan 9 perunggu) di Porprov Jabar 2022.

Prestasi membanggakan berlanjut di tingkat nasional saat membela Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON). Bahkan, atlet dayung Karawang selalu konsisten menjadi penyumbang emas terbanyak bagi Jawa Barat dibandingkan atlet Karawang dari cabang olahraga (cabor) lainnya.

BACA JUGA:Atlet Karawang Bersinar di PON 2024: Sumbang 27 Medali, Antarkan Jabar Hattrick Juara Umum

Saat PON Papua 2021, atlet dayung Karawang sukses meraih tujuh emas, dua perak dan satu perunggu. Kemudian dalam perhelatan PON Aceh-Sumut 2024, atlet dayung Karawang menyumbangkan sembilan emas dan satu perak untuk Jawa Barat.

Tak berhenti sampai di situ, kehebatan atlet-atlet dayung Karawang terus berlanjut dengan menaklukkan berbagai kompetisi di level internasional. Atlet dayung Karawang dipercaya membela Indonesia mulai ajang SEA Games, Asian Games hingga hajatan olahraga terakbar sejagat raya yaitu Olimpiade.

Melani Putri adalah sosok atlet yang berhasil menembus Olimpiade. Atlet kelahiran Karawang, 21 Juli 2000 ini tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Capaian tersebut menjadikan Melani Putri sebagai atlet pertama asal Karawang yang berlaga di Olimpiade.

Selain itu, PODSI Karawang juga mampu melahirkan sosok Arip Purnama yang berhasil mengharumkan Indonesia di kejuaraan dunia dengan meraih emas dalam ajang International Canoe Federation (ICF) Stand Up Paddling World Championship yang berlangsung di Pattaya, Thailand, November 2023.

BACA JUGA:Datang ke KPU, Acep Jamhuri Diduga Kendarai Mobil Nunggak Pajak

Ketua Umum PODSI Kabupaten Karawang, Candra Hayatul Iman, didampingi Ketua Harian, Irwan Setiawan, dan Bendahara, Alia Maedina, mengatakan, pencapaian yang ditorehkan tak lepas dari komitmen yang baik dari semua pihak yang terlibat mulai dari atlet, pelatih hingga pengurus dengan menunjukan dedikasi yang tinggi untuk prestasi dan kemajuan PODSI Karawang.

"Untuk mewujudkan prestasi, semua harus terlibat dengan visi, misi, tujuan dan persepsi yang sama dengan semangat kebersamaan dan kekompakan. Kemudian, menjalin kerja sama dengan semua pihak mulai PODSI Jabar, PB PODSI dan pemerintah," ujar Candra, kepada KBE, Senin (23/9/2024).

Candra optimistis, ke depan dayung Karawang akan terus berkontribusi mendulang medali baik saat membela Karawang, Jabar maupun Indonesia. Terlebih, Karawang memiliki venue yang memadai untuk menjalankan pembinaan atlet yaitu Situ Cipule. 

BACA JUGA:Dosen Fakultas Teknik Unsika Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang

"Namun, kami tidak bisa berdiri sendiri. Kami tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk bisa konsisten melahirkan atlet-atlet berprestasi. Baik dukungan terkait masih kurangnya alat-alat latihan, hingga minimnya minat generasi muda terhadap cabor dayung," kata Candra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: